Rabu, 28 September 2011

rpp praktek jangka sorong

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM
 


A.     Identitas
Nama Guru                 : Nur Rakhman Wahyudi
Nama Sekolah             : SMK Muhammadiyah I Salam Magelang
Mata Pelajaran            : Alat Ukur
Kelas/Semester            : X/ 1
Tahun Pelajaran           : 2011/2012
Pertemuan Ke             : 5
Alokasi Waktu            : 4 X 45 menit (180 menit)

B.      Standar Kompetensi: Menggunakan alat-alat ukur (Measuring Tools)

Kode Kompetensi       : OTO.KR10.010.03
Kompetensi Dasar       : Pengukuran dimensi dan variable menggunakan
  perlengkapan yang sesuai
Indikator                     :
1.     Mengukur tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya
2.    Mengakses dan memahami informasi yang benar dari spesifikasi pabrik
3.    Melengkapi data yang tepat sesuai hasil pengukuran
4.    Melaksanakan seluruh kegiatan pembongkaran, pemasangan dan penggantian berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan
5.    Menggunakan jangka sorong dengan benar

C.    Tujuan Pembelajaran:

1.       Siswa dapat mengukur tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya
2.      Siswa dapat mengakses dan memahami informasi yang benar dari spesifikasi pabrik
3.      Siswa dapat melengkapi data yang tepat sesuai hasil pengukuran
4.      Siswa dapat melaksanakan seluruh kegiatan pembongkaran, pemasangan dan penggantian berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan
5.      Siswa dapat menggunakan jangka sorong dengan benar


D.    Materi Ajar    :

1.       Bagian bagian dan funsi alat ukur jangka sorong
2.      Cara menggunakan alat ukur jangka sorong
3.      Cara membaca hasil pengukuran jangka sorong ketelitian 0,02, 0,05, 0,1, 1/128, 1/1000

E.     Metode Pembelajaran:

1.       Ceramah
2.      Demonstrasi
3.      Praktek

F.      Langkah-langkah Pembelajaran
a.     Kegiatan Awal
NO
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Metode
Media
Waktu
1.
Memimpin doa
Siswa berdoa
Ceramah

10 menit
2.
Salam pembuka dan presensi
Siswa mengacungkan jari saat diabsen
Ceramah

3
Guru membagi kelompok praktikum
Siswa mendengarkan
Ceramah
Silabus
10 menit
4
Guru menjelaskan job yang akan dikerjakan siswa
Siswa mendengarkan
ceramah
silabus
10 menit

Jumlah jam
30 menit

b.     Kegiatan inti
NO
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Metode
Media
Waktu
a
Mendemonstrasikan job yang akan dikerjakan siswa
Siswa mendengarkan, memahami, memperhatikan dan bertanya jika ada yang belum di pahami
Ceramah, demonstrasi
Alat dan bahan praktik, Job sheet
30 menit
b
mengawasi siswa melakukan praktek
Siswa melakukan praktik sesuai job sheet
praktikum

Alat dan bahan praktik, Job sheet
100 menit

Jumlah jam
130 menit






c.       Kegiatan akhir
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Metode
Media
Waktu
a.
Review, feedback dan menyimpulkan materi.
Siswa bertanya tentang hal yang belum jelas dengan rasa ingin tahu yang tinggi.
ceramah

15 Menit
b.
Guru menutup pelajaran
Siswa mendengarkan dengan seksama


5 Menit
Jumlah Jam
20 Menit
Total pembelajaran
180 menit


G.    Sumber dan Alat Pembelajaran
a.            Sumber Pembelajaran
1. New step 1
2. BSE alat ukur
3. Modul menggunakan dan memelihara alat ukur
b.       Alat Pembelajaran
1.         Jangka sorong
2.         Noken as
3.         Kampas kopling mobil
4.         Kampas rem mobil
5.         Pen piston
6.         Nampan
7.         Majun
8.         Per kopling

H.     Penilaian
a.       Laporan Sementara
b.      Laporan


Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran



Medi Indriyanto, S.Pd.T 
                Magelang,     Juli  2011


                Mahasiswa KKN-PPL



                Nur Rakhman wahyudi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar